Thursday, July 31, 2008

bapak fisika Indonesia

seperti nama Yohanes Surya sudah tidak asing lagi, terlebih untuk para penggemar sains nusantara. inilah sekilas tentang beliau yang telah banyak berjasa untuk pembinaan anak-anak potensial Indonesia di bidang fisika.

Dilahirkan di Jakarta 6 November 1963. Gelar sarjana diraih dari fakultas Fisika Universitas Indonesia. Pada tahun 1988 mendapatkan beasiswa ke Amerika Serikat dan memperoleh gelar Ph. D., sementara gelar Professornya diperoleh pada tahun 2002.Tahun 1994 kembali ke Indonesia dan mempersiapkan Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) untuk mengikuti olimpiade Fisika tingkat internasional. Tahun 1999 TOFI berhasil menembus masuk jajaran peraih medali emas dan membawa emas pertama untuk Indonesia. Sejak 2002 TOFI secara konsisten membawa pulang medali emas ke tanah air setiap mengikuti Asian maupun International Physics Olympiad.Disamping aktif sebagai rektor di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), juga menjabat guru besar Fisika di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Vice President of The First Step To Nobel Prize, President of Asian Physics Olympiad, Chairman of The First Asian Physics Olympiad, Executive Member of The World Physics Federation Competition, Director of SUKEN (Mathematics Certificate) Indonesia, Chairman of The International Econophysics Conference 2002, Chairman of the World Congress Physics Federation 2002, Representative to Indonesia for the International Conference for Young Scientists.Prof. Yohanes Surya, Ph.D. juga duduk sebagai Penasehat Eka Tjipta Foundation.

Buku karangannya antara lain: IPA dan Matematika untuk tingkat SD, buku Fisika untuk tingkat SMP dan SMA, komik Fisika Archie dan Meidy, buku eksperimen sederhana Fisika itu Asyik.
beliau telah meluncurkan sebuah semiweb dengan title "pojok fisika". untuk mengaksesnya, klik link pada blog kir 21 tercintaahh ini:)

0 comments: