Saturday, July 26, 2008

NASA

Program peluncuran wahana ulang alik AS akan berakhir tahun 2010. NASA telah menetapkan tanggal 31 Mei 2010 sebagai batas peluncuran terakhir atau empat bulan sebelum semua wahana ulang alik pensiun. Presiden George W Bush sebelumnya telah menetapkan penghentian program peluncuran pada 30 September 2010 dan selanjutnya memulai proyek pengiriman manusia ke Bulan.

Saat ini, NASA masih harus melakukan 10 kali peluncuran wahana ulang alik untuk menyelesaikan pembangunan stasiun antariksa internasional (ISS). Dua kali lagi tahun ini, lima kali sepanjang tahun 2009, dan tiga kali pada 2010. Peluncuran dilakukan secara bergantian dengan tiga wahana NASA yang aktif, yakni Discovery, Atlantis, dan Endeavour. Meski demikian, beberapa anggota Konggres AS masih mengusulkan satu kali peluncuran lagi untuk mengirim Alpha Magnetic Spectrometer senilai 1,6 miliar dollar AS ke ISS. Misi pengiriman instrumen tersebut adalah satu di antara lusinan misi peluncuran yang dibatalkan sejak wahana ulang alik Colombia tahun 2003. Belum ada keputusan atas usulan ini.
Begitu program peluncuran wahana ulang alik berakhir, NASA akan fokus pada pengembangan roket Ares dan kapsul Orion. Keduanya akan menjadi tulang punggung misi pengiriman manusia ke Bulan.

0 comments: