Tuesday, July 29, 2008

YOGA

Yoga ternyata memiliki banyak manfaat. Dengan rutin melakukan yoga, Anda bisa mengurangi tekanan darah, menurunkan kecepatan jantung, menurunkan hormon stres, dan meningkatkan senyawa yang dapat membuat kita merasa santai.

Yoga telah menunjukkan dapat mendorong tingkat serotinin, dopamine, dan endorphin, dalam darah. Serotinin, dopamine, dan endorphin, adalah tiga bahan alami yang dapat menimbulkan perasaan nyaman.
Serotinin adalah sebuah neurotransmitter yang membuat Anda merasa bersemangat dan puas. Dopamine adalah sebuah zat kimia otak yang dekat dengan pusat rasa senang di otak. Dan endorphin adalah senyawa yang seperti candu yang memproduksi perasaan sehat/sejahera.
Yoga juga memiliki dua keuntungan utama dalam membuat Anda tampak lebih muda. Pertama, yoga meningkatkan fleksibilitas Anda. Otot-otot Anda bukanlah jaringan yang statis atau tetap. Mereka bergerak, mereka berkembang, mereka berkontraksi. Semakin fleksibel mereka, semakin baik pergerakan Anda dan semakin rendah stres yang Anda berikan pada sendi-sendi Anda selama aktivitas normal.

Kedua, yoga meningkatkan kekuatan Anda. Anda tidak akan menahan berat apapun pada yoga, dan yoga akan terasa lebih menenangkan daripada matahari tenggelam di laut Pasifik. Pose-pose dalam yoga memaksa otot-otot Anda untuk mengangkat dan menahan berat badan Anda, yang dihitung sebagai latihan ketahanan.

0 comments: