Saturday, July 26, 2008

softdrink bikin serem

Masyarakat Amerika Serikat memang penggemar minuman ringan (soft drink). Minuman tersebut menjadi pelengkap dari aneka ragam makanan junk food, yang cukup populer di seluruh dunia. Namun kini masyarakat diminta waspada terhadap minuman ringan.
Sebab hasil temuan Food and Drug Administration (FDA), badan pengawas obat dan makanan Amerika, sejumlah produk minuman ringan mengandung bensin. Lebih dari 100 jenis minuman telah diuji coba oleh FDA. Hasilnya menunjukkan sebagian besar minuman ringan mengandung bensin, yang jumlahnya melewati ambang batas. Namun, ada pula kandungan bensin di dalam minuman yang cukup rendah.

Dari laporan FDA menyebutkan semua produsen minuman ringan yang menggunakan campuran bensin harus menggantinya dengan bahan lain.
"Semua produsen harus membuat formula baru untuk produk minuman mereka. Sebab bensin bisa menjadi pemicu kanker," kata dr Laura Tarantino, Kepala FDA yang khusus mengawasi kadar zat tambahan yang dimasukkan ke makanan.
Seperti dikutip Reuters, Tarantino menjelaskan FDA tidak menentukan batasan zat tambahan pada minuman ringan. "Tetapi menurut kami kadar bensin yang terkandung dalam minuman ringan haruslah seminimal mungkin," kata Tarantino.

0 comments: