Saturday, July 26, 2008

mu tidur nyenyak??

Ada alasan lain mengapa Anda harus mematikan atau me-nonaktifkan telepon genggam Anda ketika tidur, bisa jadi keadaan tidur Anda akan terganggu.
Telah dilakukan penelitian yang mengindikasikan bahwa orang yang ter-ekspos dengan pancaran radiasi dari telepon genggam sebelum tidur akan mengganggu jadwal tidur Anda. Orang yang sudah terkena radiasi dari telepon genggam akan memakan waktu lama untuk tertidur, dan membutuh waktu lama untuk nyeyak.

Penemuan ini mengkonfirmasi studi yang sama sebelumnya, termasuk satu studi yang menunjukkan bahwa remaja yang menggunakan telepon genggamnya pada tengah malam akan merasa kelelahan. Ironisnya, penelitian tersebut dibiayai oleh perusahaan telpon genggam di Amerika Serikat.
Menurut blog yang ditulis oleh Dr. Michael Breus di dalam situs webMD, seorang Psikolog Klinis dan Ahli Gangguan Tidur Amerika Serikat, alasan lain yang mendukung sarannya untuk me-nonaktifkan telepon genggam ketika tidur adalah karena telepon genggam juga bisa meningkatkan risiko kanker otak. Meskipun untuk penelitian tersebut masih belum kuat, tak ada salahnya jika kita tetap mewaspadainya.
Anda bisa "menyingkirkan" telepon genggam Anda satu jam sebelum Anda tidur. Berikan Anda waktu untuk mengurangi dan benar-benar menggunakan waktu tidur Anda untuk beristirahat. Mungkin bagi Anda orang yang sibuk 24 jam, sehingga khawatir akan ada penggilan tugas ditengah malam akan sulit melakukan ini semua. Namun mengingat manfaat yang akan Anda dapatkan seperti kesegaran untuk memulai esok hari, Anda tidak akan rugi melakukannya.

So, it's time to turn off your cellphone during bedtime!

0 comments: